Khasiat Benalu Teh untuk Kesehatan



Khasiat benalu teh untuk kesehatan sangat banyak, pemahaman kita tentang benalu adalah tanaman kecil seukuran perdu yang tumbuh pada tanaman lain sebagai parasit yaitu memanfaatkan tanaman lain atau inangnya itu untuk mendapatkan seluruh kebutuhan hidupnya. Sehingga sifat parasitnya itu yang membuat pohon inangnya bisa kurus dan bahkan mati oleh hisapan si benalu.

Ada dua famili tanaman dalam jenis tanaman benalu:
Pertama yang disebut famili loranthaceae yang memiliki spesies antara lain sebagai berikut:
  1. Dendropthoe pentandra(L) Miq. Disebut pohon api atau dedalu. Jenis benalu yang bisa tumbuh di berbagai pohon, merayap di pohon, buahnya merah. Untuk batuk, luka dan borok.
  2. Helixanthera cylindrica (Jack) Dans. Benalu ini tingginya bisa 3 meter. Kegunaannya sebagai bahan pembuat minuman penyegar.
  3. Helixanthera parasitica (Lour). Benalu ini tingginya bisa 1,5 meter. Kegunaannya untuk obat sakit perut.
  4. Loranthus sp. div. Disebut kemladean atau ambai-ambai. Kegunaannya untuk diare, obat cacing, cacar dan kanker.
  5. Scurrula ferruginae (Jack) Dans.  Kegunaannya untuk luka, penawar bisa ular dan malaria.
  6. Scurrula parasitiaca L. Kegunaannya untuk bengkak, tekanan darah tinggi.
  7. Scurrula philippensis (Cham & Schlecht) G Don. Kegunaannya untuk obat kumur.
  8. Viscum articulatum Burm.f. Kegunaannya untuk demam.
  9. Viscum ovalifolium Wall. ex. DC. Kegunaannya untuk nyeri syaraf, gatal dan demam.

Famili ini Loranthaceae adalah famili benalu yang terbesar. 

Dibutuhkan banyak waktu untuk memiliki kemampuan membedakan spesies—spesies benalu ini. Kesulitan lain adalah sering tidak ada nama lokalnya sementara nama latinnnya sering memiliki beberapa sinonim.

Kedua yang disebut famili Santalaceae yang anggotanya tidak seluruhnya parasit, contohnya Santalum album L, atau cendana atau sandalwood yang sama sekali bukan parasit.

Sedangkan yang parasit dan dikenal sebagai obat hanya satu yaitu Dendroptrophe umbellata (BI) Miq.

Yang biasa disebut dalu-dalu, mendalu, kamendalu, benalu, mendalu api, akar api-api, telinga kera dan lain-lain. Kegunaannya untuk sakit kepala.

Jadi ada macam-macam khasiat benalu teh untuk kesehatan yang biasa digunakan sebagai obat dan ternyata satu spesies benalu bisa tumbuh di berbagai tumbuhan termasuk di pohon teh.

Sedangkan satu tanaman inang, misalnya pohon teh, bisa ditumbuhi beberapa jenis benalu. Satu jenis benalu memang bukan bisa tumbuh di semua tumbuhan tetapi sangat banyak jenis tumbuhan yang bisa ditumbuhi benalu tertentu.

Karena semua benalu termasuk dikotil maka Ia akan bisa tumbuh di hampir semua dikotil. Lalu persoalannya apa yang disebut benalu teh, benalu mangga, benalu jeruk, benalu duku dan benalu-benalu lain?

Benalu Teh
Berdasarkan Khasiat benalu teh untuk kesehatan serta pengertian diatas maka yang disebut benalu teh adalah benalu yang tumbuh di pohon teh, benalu duku adalah benalu yang tumbuh di pohon duku, begitu juga benalu-benalu yang lain, apapun spesies benalunya.

Jadi ada bermacam-macam benalu teh, bisa dendrophthoe petandra, bisa scurulla parasitiaca, bisa loranthus sp div dan bisa lainnya.

Sebagai akibatnya kita bisa menemukan benalu the dengan daun kecil bulat dan benalu teh dengan daun lebar panjang karena memang lain jenisnya. Lalu bagaimana kita bisa mengenalinya?

Jika kita menemukan benalu di pohon teh maka kita harus mendekatinya dan mempelajari ciri-cirinya apakah dia termasuk spesies yang kita kehendaki atau bukan.

Tapi tentu kita harus terlebih dulu tahu ciri-ciri spesies yang kita kehendaki. Misalnya kita menginginkan benalu teh Loranthus sp div, maka kita perlu mengetahui ciri-cirinya dan mencocokan dengan benalu teh yang kita temukan.

Rumit memang, itulah sebabnya benalu teh sangat rawan terhadap pemalsuan karena ciri-cirinya sangat beragam.

Hasil penelitian 
Penelitian kandungan berbagai jenis benalu pada satu inang dan pada berbagai inang.
Penelitian untuk khasiat benalu teh untuk kesehatan ini mencoba menjawab pertanyaan apakah zat yang terkandung pada benalu dari jenis yang sama, tumbuh pada tumbuhan inang yang berbeda, akan sama atau berbeda jenis dan jumlah kandungannya.

Penelitian ini berupa skripsi yang berjudul, Keragaman Flavonoid Pada Tiga Spesies Benalu Dendropthoe pentandra (L) Miq, Macrosolen javanus Dans dan Viscum artyculatum dilakukan oleh Nofa Sigitianawati dari jurusan Biologi FMIPA UNIBRA.

Dalam penelitian ini tiga jenis benalu tersebut tumbuh di lima tanaman yaitu randu (ceiba pentandra (L) gaertn), salam (syzygium polyantum (weight) walp), daun wangkal (albizia procera (roxb) benth), kaliandra (calliandra surinamensis benth) dan mangga (mangifera indica L).

Jenis-jenis flavonoid diamati menggunakan metoda KLT sehingga perbedaan kandungan dan konsentrasinya dapat diperbandingkan.

Khasiat benalu teh untuk kesehatanHasil penelitian benalu the menunjukkan bahwa jenis dan konsentrasi flavonoid pada dendroptfloe pentandra (L) Miq, macrosolenjavanus dans, dan viscum articulatum burm f yang tumbuh pada inang yang sama, berbeda satu sama lain.

Sedangkan dendropthoe pentandra (L) miq yang tumbuh pada lima inang yang berbeda juga memiliki jenis dan kandungan flavonoid yang berbeda satu sama lain.

Tetapi pada tiga jenis benalu tersebut yang tumbuh pada inang yang sama memiliki kandungan flavonoid tertentu yang sama yang berasal dan inangnya.

Sedangkan benalu yang sama yaitu dendropthoepentandra (L) miq pada lima inang yang berbeda memiliki kandungan flavonoid tertentu yang sama, yang tampaknya ditentukan oleh benalunya.

Selain itu pada semua benalu yang tumbuh pada inang manapun memiliki kandungan flavonoid yang sama yaitu quercitrin dan flavonoid J, yang tampaknya merupakan kandung khas yang ada pada kebanyakan jenis benalu.

Jadi inang yang sama, misalnya pohon teh, tetapi jenis benalunya berbeda, maka kandungan zat dalam benalunya berbeda. Jenis tumbuhan obat benalu yang sama, misalnya loranthus sp dlvtetapi jenis inang berbeda, misalnya mangga dan teh, juga berbeda kandungan zatdalam benalunya.

Tetapi jenis benalu yang sama meskipun inang berbeda, terdapat beberapa kandungan zat yang sama yang merupakan zat khas benalunya. Sedangkan jenis inang yang sama meskipun benalu berbeda, terdapat beberapa kandungan zat yang sama yang berasal dan inangnya. Selain itu terdapat zat-zat yang sama pada kebanyakan jenis benalu.

Cara membuat bahan benalu teh
Ambil pohon benalunya terlebih dahulu. Benalu yang bagus biasanya benalu dari pohon teh atau pohon jeruk.

Silahkan potong-potong kecil pohon dan daun benalu yang tadi sudah diambil kira-kira menjadi 1,5 cm sampai 2 cm.

Setelah itu silahkan jemur benalunya yang tadi dipotong-potong sampai kering.
Kemudian setelah kering silahkan kukus benalunya untuk mematikan mikroba-mikroba yang mungkin ada di dalamnya.

Cukup satu jam pengukusan kemudian angkat dan tiriskan benalunya dan jemur lagi sampai kering dan kini benalunya telah siap jadi teh benalu.

Cara penyajiannya sama seperti halnya kita menyeduh teh biasa, ambil segenggam teh benalu kemudian masukan ke dalam poci dan seduh dengan air panas.


http://www.tribunnews.com